Software Iklan Baris Massal

Selasa, 17 Januari 2012

Tahapan pembuatan nameplate aluminium dengan proses Anodize

Tahapan pembuatan nameplates dengan tehnik anodize & etching secara umum sbb;
1. Racking
2. Cleaning (pembersihan material alumunium)
3. Etching (Proses pengikisan bidang pada alumunium)
4. Desmutting
5. Anodizing (Proses anodisasi)
6. Coloring (proses pewarnaan)
7. Sealing
8. Unracking
9. Packing
10. Inspection

Proses anodize tersebut diatas memanfaatkan larutan asam lemah dan arus listrik. Reaksi oksidasi pada permukaan aluminium akan menghasilkan dua hal yang berharga. Pertama membuat permukaan alumunium jadi berpori yang siap menerima pewarna dan yang juga adalah untuk lebih tahan karat. Kedua, pengendapan transisi aluminium oksida aluminium mentah menjadi hidrat aluminium yaitu membuat alumunium menjadi lebih keras dan lebih tahan lama

Bahan-bahan:
Asam sulfat, aluminium, charger 12-volt, Sarung tangan latex, Natrium hidroksida dan Pewarna

Langkah 1
material atau bahan alumunium dibersihkan dengan cara di rendam dalam air panas dari sodium hidroksida. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dari permukaan aluminium.

Langkah 2
Air Panas dan asam sulfat dalam kondisi 68-70 derajat F. dengan cara menempatkan ujung pengisi 12-volt ke dalam larutan. Menenggelamkan aluminium dalam bak asam sekitar dua jam.

Langkah 3
Bilas aluminium anodized dalam air mendidih untuk menghentikan proses oksidasi. Jika Anda ingin menambah warna. Tenggelamkan aluminium yang sudah dianodize kedalam larutan pewarna dengan suhu sekitar 90 derajat F. larutan zat warna dapat dibuat dengan mencampur satu bagian pewarna kain dengan dua bagian air. Secara bertahap menaikkan suhu antara 130 dan 140 derajat dan membiarkannya selama 30 sampai 40 menit.

Langkah 4

Ambil aluminium yang dicelup lalu bilas dengan air mendidih. Kemudian diamkan selama 30 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar